Selamat Datang di ranah PZW Ciamis

Kami siap menampilkan informasi seputar Zakat dan Wakaf di Kabupaten Ciamis

Minggu, 18 April 2010

PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Spesial Memperingati Hari Kartini 2010)

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (النحل: 97)
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.
فَاسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ أَنِّي لَا أُضِيعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِنْكُمْ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى بَعْضُكُمْ مِنْ بَعْضٍ.(ال عمران : 195)

Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain.


Khusus dalam Rumah Tangga;
وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ وَلِلرِّجَالِ عَلَيْهِنَّ دَرَجَةٌ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ( البقرة: 228)
……... Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma`ruf. Akan tetapi para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada isterinya. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.


Sample :
Perempuan Perubah Sejarah ;

1. Siti Khodijah
2. Siti Aisyah ;
Sabda Nabi :
خَذَوا نِصْفَ دِيْنِكُمْ مِنْ هَذِهِ الْحُمَيْرَاءِ يَعْنِىْ عَائِشَةَ
Ambillah setengah pengetahuan agama kalian dari Al-Humaira (yakni Aisyah)

3. As-Syaikhah Syuhrah ; digelari Fakhr al-Nisa (Kebanggaan Perempuan) adalah salah seorang Guru Imam As-Syafi'i
4. Siti Rabi'ah Adawiyah ; Tokoh Sufi terkenal
5. Cut Nyak Dien
6. Dewi Sartika
7. Rd. Ajeng Kartini
8. and soon

by:wahyupenamasciamis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar